Apakah Boleh Menambah Lafadz Dzikir? – Syaikh Shalih al-Ushoimi #NasehatUlama
Baik, andai ada yang mengucapkan zikir, “…dan janganlah Engkau serahkan urusanku kepadaku meski hanya sekejap mata ATAU LEBIH SINGKAT DARI ITU.” (Ada yang menjawab)
“Tidak shahih dalilnya.” (Ada yang menjawab)
“Bahkan tidak ada dalilnya.”
Namun seandainya ada yang mengucapkannya. Andai ada yang menambah zikir dengan, “… atau lebih singkat dari itu.”
Apa?
Mengapa?
Apa?
(Ada yang menjawab)
“Terlalu memaksakan…”
(Ada yang menjawab)
“Seandainya itu baik, pasti diucapkan Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam-…”
Apa?
(Ada yang menjawab)
“Yakni harus sesuai tuntunan Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam-…”
Biarkan kita tetapkan kaidah umumnya terlebih dahulu.
Apakah dibolehkan menambah lafazh zikir atau tidak?
Agar kita dapat menjawab ini. Kembali pada kaidah lebih penting daripada terombang-ambing dalam perkara turunannya.Oleh sebab itu, ilmu yang terbangun di atas kaidah-kaidah, akan menjauhkan orang yang membahasnya dari kesalahan. Adapun yang hanya mencermati perkara turunannya saja, ilmunya ada kecacatan. Terkadang yang ia katakan menyelisihi perkataannya di masalah lain. Sebab kaidah yang ia miliki tidak tertata.
Jadi, apa jawaban dari permasalahan kita ini?
Apa?
(Ada yang menjawab)
“Jika zikir itu lafazhnya dimaksudkan sebagai ibadah, maka boleh namun jika lafazhnya tidak dimaksudkan sebagai ibadah, maka tidak boleh…”
Bukan.
Apa?
(Ada yang menjawab)
“Yakni tidak boleh ada tambahan lafazh…”
Baiklah.
Kita atau para sahabat Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- yang lebih banyak ilmunya?
Apa jawabannya?
Kamu, apa jawabannya?!
Kita atau para sahabat yang lebih banyak ilmunya?
Para sahabat.
Dalam ash-Shahih, Ibnu Umar ketika menyebutkan doa talbiyah Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- ia berkata, “Dan aku menambah lafazhnya ‘Labbaika wa sa’daika…’” dan seterusnya.
Ia berkata, “Aku menambahnya.” Penambahan lafazh zikir telah dilakukan oleh para sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in.
Jadi jawabannya, penambahan lafazh zikir dibolehkan.
Penambahan lafazh zikir dibolehkan…
DENGAN SYARAT:
Bukan pada zikir yang harus dibaca sesuai dengan riwayatnya, yang terikat tuntunan dari Nabi.
(Yaitu pada ibadah yang sudah ditetapkan bacaannya oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, seperti ibadah shalat)
DENGAN SYARAT:
Bukan pada zikir yang harus dibaca sesuai dengan riwayatnya, yang terikat tuntunan dari Nabi).
(Yaitu pada ibadah yang sudah ditetapkan bacaannya oleh Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, seperti ibadah shalat)
Seperti bacaan dalam shalat.
(Jadi bacaan shalat harus sesuai dengan tuntunan Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, TIDAK BOLEH DITAMBAH)
Pada dasarnya, bacaan shalat terikat dengan tuntunan dari Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam-.
Adapun doa yang bersifat umum, seseorang dapat menambah lafazhnya sesuai yang ia kehendaki seseorang dapat menambahnya sesuai yang ia kehendaki…
Contoh doa yang umum seperti ucapan,…
“Subhanallah wa bihamdihi” yang dibaca di siang dan malam hari.
Baik, seandainya seseorang mengucapkan, “Subhanallah wa bihamdihi wa atubu ilaihi” maka tambahan itu tidak terlarang. Penambahan itu tidak dilarang.
Namun zikir yang terikat dengan pembacaan pada ibadah tertentu maka pendapat yang lebih kuat, tetap harus diamalkan sesuai lafazh yang ada. Tapi penambahan lafazh itu dibolehkan (jika sesuai dengan syarat di atas), dan tidak diharuskan. Yakni bukan perkara yang dianjurkan, terlebih lagi diwajibkan. Ia boleh dilakukan, namun tidak diharuskan.
Adapun penambahan lafazh yang kita bahas di awal, tidak diperbolehkan…
Mengapa?
Karena itu adalah tambahan yang tidak benar dari sisi maknanya. seperti ucapan saudara kita tadi. Yakni jika seseorang mengucapkan, “…meski hanya sekejap mata, atau lebih singkat dari itu.” Tidak ada ungkapan “yang lebih singkat dari itu.”
Tidak ada ungkapan “yang lebih singkat dari itu.”
Karena yang paling singkat adalah kejapan mata. Sehingga yang lebih singkat dari itu, masuk dalam cakupan kata ‘sekejap mata’
Tidak ada yang lebih singkat dari batas yang disebutkan Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam-.
Demikian.
===============================================================================
طَيِّبٌ لَوْ قَالَ قَائِلٌ
وَلا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ وَلَا أَقَلَّ مِنْ ذَلِكَ
لَمْ تَثْبُتْ؟
لَمْ تَرِدْ أَصْلًا
لَكِنَّ الْكَلَامَ لَوْ قَالَهَا
لَوْ أَنَّهُ فِي الذِّكْرِ قَالَ وَلَا أَقَلَّ مِنْ ذَلِكَ
هَا؟
لِمَاذَا؟
أَيْش؟
التَّكَلُّفُ
لَوْ كَانَ فِيهَا خَيْرٌ لَقَالَهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
هَا ؟
يَعْنِي بِمَعْنَى التَّوْقِيفِيَّة
دَعَوْنَا نُقَرِّرُ أَصْلًا عَامًّا
هَلْ تَجُوزُ الزِّيَادَةُ فِي أَذْكَارِ الْأَلْفَاظِ أَمْ لَا تَجُوزُ ؟
حَتَّى نُجِيْبَ
الرُّجُوعُ إلَى الْأُصُولِ أَهَمُّ مِنَ التَّفَارِيْقِ وَالفُصُولِ
وَلِذَلِك الْعِلْمُ الْمَبْنِيُّ عَلَى قَوَاعِدَ وَأُصُولٍ
يَحْمِي الْمُتَكَلِّمَ فِيهِ مِنَ الْغَلَطِ
أَمَّا الَّذِي يَنْظُرُ إلَى أَفْرَادِ الْمَسَائِلِ يَخْتَلُّ عِلْمُهُ
فَتَارَةً يَقُولُ كَلِمَةً يُنَاقِضُهَا فِي مَوْضِعٍ آخَرَ
لِأَنَّ الْأُصُولَ عِنْدَهُ لَمْ تَنْضَبِطْ
فَلِذَلِكَ مَا الْجَوَابُ عَلَى هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ
أَيْش ؟
يَقُولُ إذَا كَانَ مُتَعَبَّدٌ بِاللَّفْظِ فَيَجُوزُ
لَكِنَّ غَيْرَ مُتَعَبَّدٍ بِاللَّفْظِ فَلَا يَجُوزُ
يَعْنِي
أَيْش ؟
يَعْنِي مَا تَجُوزُ زِيَادَةٌ
طَيِّبٌ
نَحْنُ أَعْلَمُ أَمْ أَصْحَابُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؟
مَا الْجَوَابُ ؟
أَنْتَ مَا الْجَوَابُ ؟
نَحْنُ أَعْلَمُ أَمِ الصَّحَابَةُ
الصَّحَابَةُ
فَابْنُ عُمَرَ فِي الصَّحِيحِ لَمَّا ذَكَرَ تَلْبِيَةَ النّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ وَزِدْتُ أَنَا
لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ . إلَى آخِرِ مَا ذَكَرَ
قَال زِدْتُ أَنَا
وَصَحَّتِ الزِّيَادَةُ فِي الْأَذْكَارِ عَنِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِينَ وَأَتْبَاعِ التَّابِعِيْنَ
الْجَوَابُ أَنَّ الزِّيَادَةَ عَلَى الْأَذْكَارِ جَائِزَةٌ
الزِّيَادَةُ عَلَى الْأَذْكَارِ جَائِزَةٌ
بِشَرْطِ أَنْ لَا يَكُونَ الْمَحَلُّ مُقَيَّدًا بِمَا وَرَدَ
أَنْ لَا يَكُونُ الْمَحَلُّ مُقَيَّدًا بِمَا وَرَدَ
كَالصَّلَاةِ
فَالصَّلَاةُ الْأَصْلُ أَنَّ أَلْفَاظَهَا مُقَيَّدَةٌ بِمَا وَرَدَ
أَمَّا الدُّعَاءُ الْعَامُّ
فَهَذَا لِلْإِنْسَانِ أَنْ يَزِيدَ فِيهِ مَا شَاءَ
لِلْإِنْسَانِ أَنْ يَزِيدَ فِيهِ مَا شَاءَ
فَمَثَلًا مِنَ الدُّعَاءِ الْعَامِّ مَثَلًا
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ
طَيِّبٌ لَو إِنْسَانٌ قَالَ سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ
كَانَ ذَلِكَ غَيْرَ مَمْنُوْعٍ مِنْهُ
كَانَ غَيْرَ مَمْنُوْعٍ مِنْهُ
لَكِنْ الْمُقَيَّدُ بِمَحَلٍّ
فَهَذَا الْأَظْهَرُ أَنَّهُ يَبْقَى عَلَى تَقْيِيدِهِ
لَكِنَّ الزِّيَادَةَ تَكُونُ حِيْنَئِذٍ جَائِزَةٌ
وَلَيْسَتْ مَطْلُوبَةً
يَعْنِي لَيْسَتْ مُسْتَحَبَّةً فَضْلاً عَنْ أَنْ تَكُونَ وَاجِبَةً
فَيَجُوز لَكِنَّ
لَكِنَّهَا غَيْرُ مَطْلُوبَةٍ
وَأَمَّا فِي هَذَا الْمَحَلِّ فَلَا
لِمَاذَا ؟
لِأَنَّهَا زِيَادَةٌ لَا تَصِحُّ مَعْنىً
كَمَا قَالَ الْأَخُ
أَنَّ إِذَا قَالَ الْإِنْسَانُ
طَرْفَةَ عَيْنٍ وَلَا أَقَلَّ مِنْ ذَلِكَ
لَا يُوجَدُ مَا هُوَ أَقَلُّ مِنْ ذَلِكَ
لَا يُوجَدُ مَا هُوَ أَقَلُّ مِنْ ذَلِكَ
فَأَقَلُّ مَا يَكُونُ هُوَ طَرَفةُ الْعَيْنِ
فَمَا هُوَ أَقَلُّ مُنْدَرِجٌ فِي قَوْلِهِ طَرْفَةَ عَيْنٍ
فَلَا أَقَلَّ مِنَ الْحَدِّ الَّذِي انْتَهَى إلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
نَعَم